pengertian e-commerce

Nama : Muhammad Sandy Farel Al-basiyah
NIM   : 0831500483
Fakultas Ekonomi

SOAL :
1. Definisi e-commers.
2. Kelebihan dan kekurangan dari bisnis berbasis web.
3. Fitur – fitur utama pendukung web.
4. Bahaya dalam bisnis berbasis web (e- commers).
• Dari sisi pembeli dan penjual.
• Atau kejahatan yang mungkin timbul.

JAWAB:

1) DEFINISI E-COMEMERCE

  • Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
  • e-commerce secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.
  • Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver” (http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.doc .
  • E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.

2) KELEBIHAN DAK KEKURANGAN DARI BISNIS BERBASIS WEB.
KELEBIHAN ;

  • Beberapa hal yang membuat internet menjadi populer yaitu:
  •  Komputer tetap terhubung satu dengan yang lainnya walaupun jalur dalam keadaan sibuk.
  • Tidak tergantung pada sebuah perusahaan ataupun vendor, serta tidak ada suatu kontrol yang terpusat.
  • Biaya komunikasi menjadi sangat murah karena semuanya menggunakan biaya pulas lokal walaupun komunikasi itu sendiri berlangsung antar benua.
  • Banyak informasi berharga yang dapat diakses melalui internet.
  • Dari sudut pandang yang lebih kecil, internet memberikan dampak positif seperti berikut:
  • Sumber informasi menjadi lebih beragam dan luas
  • Jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama
  • Munculnya sistem pembelian dan pembayaran online
  • Dapat mengadakan rapat secara bersamaaan dan langsung dari berbagai tempat
  • Pertukaran dan asimilasi nilai-nilai budaya yang cepat.
  • Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja, dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
  • Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produk atau service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk atau service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
  • Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.

KEKURANGAN :

  • Keaslian Data perlu di pertanyakan (tidak ada jaminan).
  • Keabsahan (validity).
  • Kerahasiaan (confidentiality/privacy)nya tidak lah ada.
  • Keberadaan barang (availability), barang yang di pesan belum tentu ada karena bisa saja produsen atau penjual hanya ingin menipu.
  • Yurisdiksi : Mail box theory (Teori Kotak Pos); dalam hal transaksi e-commerce, maka hukum yang berlaku adalah hukum dimana pembeli mengirimkan pesanan melalui komputernya yang dapat berarti hukum si customer. Untuk ini diperlukan konfirmasi dari merchant. Jadi perjanjian atau kontrak terjadi pada saat jawaban yang berisikan penerimaan tawaran tersebut dimasukkan ke dalam kotak pos (mail box).
  • Membuka peluang terjadinya cyber crime yaitu tidak adanya jaminan keamanan dalam bertransaksi baik segi hukum, krimainal maupun tehnis keamanan jaringan.

3) FITUR – FITUR UTAMA PENDUKUNG WEB :
Sebuah situs e-commerce biasanya memiliki fitur-fitur utama sebagai berikut:
a. Etalase/Halaman Display yang memuat nama, deskripsi dan harga barang/jasa yang ditawarkan
b. Katalog, yang bisa dieksplorasi isinya dengan mudah untuk mencari produk/jasa yang kita inginkan, umumnya difasilitasi dengan fungsi Search/Cari
c. Shopping Cart (keranjang belanja), yaitu tempat kita menaruh barang-barang atau jasa yang kita inginkan. Memuat Nama barang, Quantity dan Harga serta Jumlah bayar, umumnya dilengkapi dengan automatic calculation yang dapat memunculkan informasi nominal pembayaran yang harus dilakukan.
d. Payment Methode, umumnya menawarkan tiga metode cara bayar, yaitu Cash/Transfer/Debit, Kredit dengan Kartu Kredit dan C.O.D (Cash On Delivery)
e. Sistem Pengiriman (delivery methode), umumnya berafiliasi dengan pihak ketiga/perusahaan jasa pengiriman barang dengan berbagai layanannya yang dapat dipilih oleh pembeli misalnya layanan kiriman sampai pada hari yang sama, keesokan harinya dan lain-lain.
f. Contact Link, berisi alamat dan/atau nomor telepon atau saluran lain (email/IM) yang dapat digunakan untuk komunikasi antara pembeli dan penjual, umumnya disertakan pula Contact Form yang terdiri dari field-field untuk memasukkan identitas pengirim (nama, email/website) serta berita/pesan yang ingin disampaikan.
Fitur tambahan, umumnya disediakan sesuai dengan karakter bisnis yang dijalankan, antara lain:
a. Calculator Offline, umumnya digunakan (calon) pembeli saat ingin mengetahui nilai atau nominal harga menurut nilai tukar mata uang yang dipilih apabila daftar harga didominasi oleh satu mata uang asing tertentu. Pada fitur ini biasanya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal sudah tersedia.
b. Currency Converter, memiliki fungsi yang hampir sama dengan Calculator offline, namun bersifat online dan penguna dapat dengan mudah mengkonversi nilai atau nominal pembelanjaan berdasarkan berbagai nilai tukar mata uang asing yang disediakan berikut nilai tukarnya.
c. Uploader, biasanya digunakan untuk mengirimkan file sisipan (attachment) yang diperlukan dalam proses produksi barang yang ditawarkan. Misalnya adalah gambar desain yang berasal dari calon pembeli untuk digunakan sebagai acuan pembuatan barang yang akan diproduksi oleh penjual.
d. Pembanding, yaitu fitur yang digunakan untuk melakukan pembandingan dua produk atau lebih yang ditawarkan pada situs tersebut, biasanya setelah calon pembeli menentukan porduk-produk yang akan dibandingkan, maka muncul spesifikasi per elemen produk yang menjadi indikator pembanding secara head to head.
e. FAQ (Frequently Asked Question), adalah berbagai macam jenis pertanyaan yang umumnya diajukan oleh (calon) pembeli kepada penjual, misalnya cara pesan, garansi produk, minimum pembelian dan lain-lain.
4) BAHAYA DARI BISNIS BERBASIS WEB

DARI SISI PEMBELI :

1. Memungkinkan transaksi jual beli itu hanya tipuan dan belum tentu kebenarannya.
2. sintermediation adalah proses calo dan pedagang perantara.
3. Kadang membeli barang ternyata dengan harga yang lebih mahal, karena barang yang di pesan atau di beli hanya dilihat berupa gambar.

DARI SISI PENJUAL :

KEJAHATAN YANG MUNGKIN TIMBUL :
• Pornografi
• Violence and Gore
• Penipuan
• Cybercrime (Carding, Hacking, Deface dll)
• Perjudian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s